BBSPGL Survei Lokasi Potensi Geosite Bawah Laut Boalemo

Bagikan Berita

NARASI21.ID – Balai Besar Survei dan Pemetaan Geologi Kelautan (BBSPGL) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan penelitian titik potensi Geosite di Provinsi Gorontalo.

Andi Hermanto Sianipar selaku pejabat Fungsional Perekayasa Ahli Madya menjelaskan, kedatangan tim BBSPGL untuk membantu pengembangan Geopark Gorontalo khususnya daerah laut.

“Saat ini kami bersama tim berada di Kabupaten Boalemo untuk melakukan penyelaman di lokasi Pantai Wisata Bolihutuo dan Pulau Mohupomba,” jelas Andi saat diwawancarai media narasi21.id Rabu, (08/05)

Dua lokasi ini menurut Andi akan menjadi sampel penelitian dikarenakan berdekatan dengan situs Geopark yang berada di darat.

“Bolihutuo ada Batu Gabro sedangkan Mohupomba yang berada di Tilamuta ada Batu Gamping Merah. Dasar lautnya pun memiliki terumbu karang yang unik, dimana kami menemukan jenis karang otak dan karang Porites Sp. Alam Moridu yang selanjutnya akan diteliti apakah berhubungan dengan situs Geopark,” ujarnya

Tim BBSPGL saat mengamati Porites Sp. Alam Moridu

Selain tim penyelam, Andi juga mengatakan ada dua kapal yang digunakan untuk survei tempat – tempat yang telah dipetakan sebelumnya bersama tim BBSPGL yang dibantu BAPPEDA dan tim Universitas Negeri Gorontalo.

“Ada kapal untuk survei Geofisika yang didalamnya ada peralatan Seismik, Magnetik dan Batimetri, serta kapal lainnya untuk pengambilan sampel air dan sedimen,” jelasnya

“Hasil dari survei ini datanya akan dikumpulkan, yang selanjutnya kami serahkan ke BAPPEDA Provinsi Gorontalo. Semoga kegiatan selama disini bisa membuahkan hasil, demi perkembangan Geopark Gorontalo,” tandasnya

REDAKSI – MITRO NANTO