Wujudkan Pola Hidup Sehat Masyarakat, Puskesmas Paguyaman Deklarasikan Stop BABS

Bagikan Berita

NARASI21.ID (BOALEMO) – Guna mewujudkan perilaku hidup sehat masyarakat, Puskesmas Paguyaman deklarasikan ODF (Open Defecation Free), di Desa Rejonegoro, Kecamatan Paguyaman, Rabu, (01/02) kemarin.

Kepada awak media narasi21.id, Zulha J.A Pakai, S.ST, M.Kes., selaku kepala Puskesmas menuturkan, deklarasi ODF dilakukan untuk menyatakan bahwa masyarakat Desa Rejonegoro telah bebas dari perilaku buang air besar disembarang tempat, setelah memenuhi proses verifikasi, yang telah dilakukan oleh tim Puskesmas pada beberapa waktu lalu.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong dan memotivasi seluruh pihak untuk segera meningkatkan akses sanitasi yang layak,” tuturnya

Puskesmas Paguyaman Deklarasi ODF
Deklarasi ODF di Desa Rejonegoro (Foto by: Promkes Winda Ismail)

Lebih lanjut kepala Puskesmas berharap, Desa Rejonegoro bisa menjadi contoh bagi Desa lainnya untuk menuju deklarasi ODF, desa Stop BABS.

“Semoga harapan ini segera terwujud. Semangat menuju desa sehat dengan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau STBM, lebih bersih lebih sehat,” pungkasnya

Kegiatan Deklarasi ODF itu dihadiri Camat Paguyaman, Kasie PL Dinas Kesehatan Boalemo, Felly Datunsolang, SKM., KTU Puskesmas Paguyaman, Ketua TP-PKK Kecamatan, Babinsa, Tim puskesmas, dan masyarakat Desa Rejonegoro.

REDAKSI – M. NANTO